Natural, Sintetis dan Imitasi pada batu Zamrud

 

 

 

Zamrud atau Emerald termasuk jenis batu permata yang banyak peminatnya sehingga batu permata ini tergolong berharga. Karena batu permata ini berharga maka timbul niat orang untuk meniru batu tersebut.

Pengertian Natural  adalah permata yang pembentukannya berasal dari alam, sedangkan sintetis  Permata yang dibuat di Lab dengan komposisi material yang sama sehingga sifat optik maupun sifat pisik nya. Sifat optik maksudnya sifat yang terkait dengan mata atau lensa seperti indek bias sedangkan sifat pisik yang terkait dengan benda itu sendiri misalnya berat jenis. Sedangkan imitasi adalah batu permata lain yang sengaja dibuat atau terbuat dari alam yang ditujukan untuk meniru dari batu terkait, misalnya green Chalcedony yang berwarna hijau dipasarkan dengan nama zamrud.

Sebagai pembeli kita harus tahu, mana batu permata yang asli, mana yang sintetis dan mana yang imitasi. Disamping itu kita juga harus mengerti jenis zamrud apa yang berharga mahal dan mana yang berharga murah.

Umumnya yang menentukan harga Zamrud adalah ;

1. Kejernihannya , makin jernih batu zamrud harganya makin mahal. Batu yang retak-retak sehingga menghalangi sinar cahaya yang masuk ke permata tersebut harganya lebih murah.

2. Warnanya, Zamrud yang berwarna hijau daun merata harganya lebih mahal daripada warna hijau muda atau gelap.

3. Cut / Bentuk, zamrud yang dipotong atau di asah dengan bentuk emerald/ Rectanguler / segi empat harganya akan lebih mahal daripada bentuk lain.

4. Besarnya, makin besar batu makin mahal harganya.

Disamping kriteria di atas, Transparansi  juga mempengaruhi harga Zamrud, Zamrud yang tembus pandang harga akan lebih mahal. Sedangkan Zamrud yang tidak tembus pandang dan tidak tembus cahaya harganya lebih murah.

Hal lain yang sangat menentukan harga Zamrud adalah zamrud tersebut natural atau Sintetis (buatan lab). Yang Natural akan lebih mahal dari yang sintetis. Oleh karena itu kalau kita mau membeli zamrud perlu ketelitian.  Untuk mengetahui Natural atau Sintetis pada zamrud biasanya dengan melihat model serat dari batu tersebut.

Contoh Zamrud Sintetis, Perhatikan seratnya :

1. Type Serat seperti sarang laba-laba :

chatam chatam  1 chatam 2 chatam 3

2. Type serat seperti busa saat cuci kaca  dan serat gelembung gas

serat sintetis serat sintetis    

 

 

Semoga Bermanfaat.

 

Link Terkait

1. Pengertian Natural, Sintetis dan Imitasi

2. Ciri-ciri batu permata Natural dan batu sintetis

3. Cara menguji keaslian Batu permata

4. Cara sederhana menguji keaslian Ruby

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: