HARGA EMAS TERANGKAT PERAYAAN INDIA

 

emas antam

 

JAKARTA. Harga emas menanjak. Spekulasi India akan meningkatkan permintaan emas selama festival keagamaan di negara itu menjadi salah satu penyebab.

 

Harga emas untuk pengiriman Desember 2012 di Bursa Comex, kemarin (30/10) pukul 17.45 wib, menguat 0,33% menjadi US$ 1.714,40 per ons troi. Namun dalam sebulan, harga emas masih menunjukkan pelemahan sebesar 3,35%.

 

"Impor emas dari India kemungkinan naik. Musim festival diawali Dussehra pada 24 Oktober, dan diakhiri oleh Diwali pada November," ujar Jonathan Barratt, pimpinan Buletin Barratt, media komoditas yang berbasis di Sydney, seperti dikutip Bloomberg.

 

Pengumuman Bank of Japan (BoJ) meningkatkan stimulus di Negeri Sakura, ikut mengerek harga emas. BoJ menaikkan stimulus sebesar 11 triliun yen, menjadi 66 triliun yen, melalui program pembelian aset untuk menggenjot ekonomi negara.

 

Tetapi kenaikan harga emas diprediksi tidak bertahan lama. Analis Philip Futures, Juni Sutikno, mengatakan, emas masih berpeluang besar untuk terkoreksi. Sentimen negatif dari krisis utang Eropa, yang menekan euro, menggerus daya beli emas sebagai alternatif investasi. Itu lantaran investor lebih condong memilih dollar AS sebagai aset yang lebih aman.

 

Juni menuturkan, permintaan emas dari India yang meningkat, belum mampu mengangkat harga emas secara signifikan. Penyebabnya, nilai rupee masih cenderung melemah terhadap dollar AS.

Tren bearish

Analis SoeGee Futures, Nizar Hilmy, menambahkan, saat ini emas berada dalam fase konsolidasi. Selama beberapa hari mendatang, emas kembali terkoreksi karena fokus utama para pemodal, hingga kini, masih terpusat ke krisis utang Eropa.

 

Secara teknikal, harga emas cenderung bearish. Moving average (MA) di bawah 25 dan moving average convergence divergence (MACD) berada di area negatif. Itu merupakan indikasi pelemahan.

 

Selama sepekan ke depan, pergerakan harga emas akan bergantung pada sentimen dari Uni Eropa dan negara Asia, seperti China dan Jepang. "Jika kondisi ekonomi sudah menunjukkan tanda perbaikan, ada potensi harga emas kembali stabil di kisaran US$ 1.725 – US$ 1.750 per ons troi," kata Juni.

 

Hitungan Nizar, pekan ini, emas berpeluang menguat ke kisaran US$ 1.687-US$ 1.730 per ons troi. Hingga akhir tahun, pergerakan harga emas diprediksi agak sulit bullish. Nizar berasumsi harga emas hingga akhir tahun ini dapat menyentuh kisaran US$ 1.800 per ons troi.

 

Sumber :

http://investasi.kontan.co.id/news/harga-emas-terangkat-perayaan-di-india/2012/10/31

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: